IKHLAS

Kebanyakan orang, pak Kiai sekalipun, menghubungkan kata ikhlas dengan kerelaan melepaskan sesuatu yang kita miliki, atau kesediaan menjalankan nasib. Jarang sekali yang menghubungkan ikhlas dengan keteguhan hati untuk melakukan yang terbaik.

Mari bersepakat bahwa ikhlas itu adalah kesediaan menerima takdir. Sekarang mari kita lihat takdir kita, diberi hidup, diberi rasa, diberi otak untuk berpikir, diberi kesempatan untuk belajar, diberi kesempatan bekerja, diberi kesempatan untuk berbagi, diberi kesempatan untuk beramal, diberi kesempatan untuk menjadi hebat, diberi kemampuan untuk mencintai, diberi waktu untuk memperbaiki, diberi kesempatan untuk berubah, diberi kesempatan membahagiakan hidup diri sendiri, diberi…., diberi…., diberi…., diberi…., di….be…ri….
tak akan habis pemberian Tuhan pada kita.
Sayangnya kita cenderung berpikir negatif, membicarakan hal-hal yang buruk, senang berkutat dengan kesialan, asyik mengurai kekurang beruntungan.

Saya menamatkan pemahaman teori kata ikhlas, tapi belum juga mampu menjadi master. Masih gemar menggulati ketidak sabaran dan melamun di gerbang jujur. Keyakinan saya seperti lampu yang kurang suplai listrik, redup kadang remang-remang.

Karena ketika kita berjarak dengan jujur, akan sulit bersabar dan menuai yakin. Akhirnya, lebih banyak mengembara di nasib yang sedang berkelana. Banyak mencoba tapi jarang bertemu hasil dan ketenangan dalam kepuasan hidup diri sendiri.

Saya masih asyik berlomba dengan kegelisahan. Terkadang dia ada di depan saya, lain waktu berada sejajar di samping, dan ada kalanya saya harus melihat kaca spion karena dia sedang memburu saya. Namun gelisah itu adalah fatamorgana yang mengasyikan. Membuat saya lupa, dan sibuk memuaskan hati ketika dia berhasil saya lampaui, padahal dia setia untuk bersiap menyusul saya.

Itu yang membuat saya belum dapat ikhlas dan tenang. Saya belum sepenuhnya bahagia dengan hidup saya sendiri. Masih gelisah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s